TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Senin, 14 Februari 2011

Naypyidaw Ibu Kota Baru Myanmar


Naypyidaw resmi dieja Nay Pyi Taw, merupakan ibu kota Myanmar yang baru. Pada tanggal 6 Nopember 2005 ibukota Myanmar resmi dipindah dari Yangoon ke Naypyidaw (3,2 km barat Pyinmana dan 300 km utara Yangoon). Pembangunan masih dilakukan secara besar-besaran oleh pemerintah dan ditargetkan selesai pada tahun 2012. Naypyidaw terletak diantara pegunungan Bago Yoma dan Shan Yoma. Pada 2009, jumlah penduduk di Naypyidaw 925.000 orang yang membuat kota itu menjadi kota terbesar ke-3 di Myanmar setelah Yangoon dan Mandalay. Luas kota ini 7.054,37 km2.

Naypyidaw merupakan Wilayah Uni dibawah pemerintahan langsung dari presiden, dan dipimpin oleh ketua dan anggota dewan yang lansung diangkat oleh presiden. Wilayah Uni Naypyidaw terdiri dari pusat kota dan 8 kota sekitarnya. Pusat kota terdiri dari 8 wilayah Pyinmana, Lewe, Tatkon, Pyinnya, Bagwa, dan Mingala. Wilayah pusat kota itu sebelumnya merupakan wilayah dari Kabupaten Yamethin. Sedangkan Oathara Thiri, Dekkina Thiri, Poppha Thiri, Zapu Thiri, dan Zeyar Thiri merupan kota-kota baru yang sedang dibangun. Pada Desember 2009, kantor-kantor pemerintahan telah dipindah ke ibu kota administratif, hanya saja kantor direktorat kementrian tetap berada di Yangoon.

Naypyidaw dinilai lebih strategis dari Yangoon, terletak di pusat/tengah negara, dan merupakan pusat transportasi yang berdekatan dengan negara bagian Shan, Kayan, dan Karen sehingga membuatnya dijadikan ibu kota yang baru. Namun alasan resmi dipindahnya ibu kota karena Yangoon telah sesak dan hanya memiliki sedikit ruang untuk ekspansi masa depan kantor pemerintah. Sedangkan beberapa diplomat barat berspekulasi pemindahan itu dikarenakan pemerintah khawatir dengan kemungkinan invasi  asing yang mungkin terjadi di Yangoon karena terletak di tepi pantai dan rentan terhadap pendaratan seaborne.

Cityescape
Naypyidaw masih kekurangan fasilitas yang dibutuhkan sebuah ibu kota negara. Sehingga diatur menjadi beberapa zona.
1. Zona Residensial
    Area perumahan secara hati-hati terorganisir. Sedangkan apartemen dialokasikan meurut pangkat  dan status perkawinan. Sehingga banyak penduduk kota yang masih tinggal di daerah kumuh. Warna atap apartemen disesuaikan dengan pekerjaan warga mereka. Misal yang bekerja di Departemen kesehatan tinggal di apartemen dengan atap biru begitu pula dengan yang bekerja di Departemen Pertanian tinggal di apartemen dengan atap hijau. Sedangkan pejabat tinggi pemerintah tinggal di rumah mewah.
2. Zona Militer
    Pejabat tinggi dan perwirw militer tinggal dalam satu komlpeks yang jauhnya 11 km dari daerah pemerintah daerah biasa. Zona ini merupakan zona terbatas yang tidak dapat diakses oleh warga negara dan orang lain tanpa izin tertulis. Di zona ini jalanan memiliki 8 lajur yang memungkinkan pesawat kecil untuk mendarat.
3. Zona Departemen
Balai  Kota Naypyidaw
    Zona ini berisi markas besar departemen pemerintah Myanmar. Sebuah kompleks yang memiliki 31 bangunan parlemen dan dan sebuah istana presiden dengan 100 ruangan. Zona ini juga berisi bangunan balai kota yang menyerupai gedung pemerintah Uni Soviet namun memiliki gaya atap Myanmar. Di belakang balai kota terdapat taman dengan air terjun buatan dan taman bermain.
4. Zona Hotel
Hotel Royal Kumudra, dalam "Zona Hotel" dari Naypyitaw
    Zona hotel memiliki hotel bergaya villa yang ada di bukit-bukit pinggiran kota. Saat ini ada 12 hotel yang berada di atau dekat Naypyidaw, 8 diantaranya berada di zona hotel Naypyidaw dan 2 di Lewe pada jalan Yangoon-Mandalay.
5. Belanja
Pusat Perbelanjaan Mall Junction
    Pasar Myoma Naypyidaw saat ini adalah pusat komersial di Naypyidaw. Pusat perbelanjaan lainnya adalah Pasar Thapye Chaung dan Pusat Junction Naypyidaw.
6. Rekreasi
Masuk ke Taman Nasional Herbal
    Ngalaik Lake Gardens yang dibuka pada tahun 2008 adalah taman air kecil yang terletak di sepanjang Bendungan Ngalik, dekat Desa Kyweshin (sekitar tujuh mil dari Naypyidaw). Taman Zoologi Naypyiday juga merupakan tempat rekreasi disana. Dibuka pada tahun 2008 dan telah memiliki 420 hewan. Ini merupakan kebun binatang terbesar di Myanmar. Selain itu juga ada Taman Nasional Herbal yang mempunyai luas 0,81 km2 dan telah memamerkan tanaman yang memiliki fungsi sebagai obat dari semua daerah di Myanmar. Ada ribuan tanaman di taman, yang mewakili ratusan spesies yang berbeda. [26]
Naypyidaw also has two golf courses (Nay Pyi Taw City Golf Course and Yaypyar Golf Course), and a gem museum. Naypyidaw juga memiliki dua lapangan golf  (Nay Pyi Taw City Golf Course dan Yaypyar Golf Course), dan sebuah museum permata. 
7. Uppatasanti Pagoda
Uppatasanti Pagoda
    Uppatasanti pagoda adalah sebuah pagoda besar yang memiliki ukuran dan bentuk yang serupa dengan Shwedagon Pagoda di Yangoon. Uppatasanti Pagoda selesai pada tahun 2009. Pagoda ini hanya 30 cm lebih pendek dari Shwedagon Pagoda.
8. Zona Internasional
    Pemerintah telah diberi 2 hektar lahan untuk kedutaan asing dan kantor pusatmisi PBB.

Transportasi
1. Rel
    Saat ini Naypyidaw dilayani oleh Pyinmana Stasiun dan Lewe Stasiun. Dan hanya Stasiun Pyinmana yang terletak di jalur kereta api antara Yangoon-Mandalay. Sedangkan Stasiun Lewe berada di jalur dari Pyinmana ke Kyauk Pa Daung.
    Stasiun Naypyidaw sendiri  telah dibuka di No milepost (233 / 0) di antara Stasiun Ywataw dan Stasiun kereta api Kyihtaunggan di jalur Yangon-Mandalay dengan area stasiun  9.000 "x 4.000 'dan area tertutup dari 826,5 hektar (3,345 km2). Stasiun kereta api Naypyidaw dibuka pada tanggal 5 Juli 2009, meskipun pembangunan jembatan, Lokomotif Shed, jalan beton di pintu masuk ke stasiun, tempat parkir di depan stasiun , lounge No.3 dan platform belum dilakukan.
2. Udara
Ilustrasi Bandara Naypyidaw
    Bandara Naypyidaw dan juga dikenal sebagai Bandar Udara Ayelar, terletak 10 mil (16 km) tenggara kota, antara kota Lewe dan Ela. Bandara ini dilayani oleh semua maskapai penerbangan domestik yaitu Air Bagan, Air Mandalay, Myanmar Airways, dan Ynagon Airways. Sejak April 2009, bandara ini mengalami konstruksi besar-besaran untuk menambah kapasitas penumpang menjadi 3,5 juta penumpang per tahun.

Rumah sakit Naypyidaw
Rumah sakit Naypyidaw dibuka tahun 2006. Dan kota-kota terdekat seperti Lewe, Pyinmana, dan Tatkon masing-masing memiliki satu rumah sakit. Untuk komunikasi Kota ini memiliki cakupan ponsel CDMA mulai dari 2009. Saluran telepon pribadi untuk karyawan yang tinggal di apartemen pemerintah tidak diperbolehkan, sehingga harus menggunakan telepon umum. Naypyidaw adalah satu-satunya tempat di Burma di mana listrik tersedia 24 jam sehari.

0 komentar: